Cegah Peredaran Obat Keras Secara Ilegal, Bripka Suyanto Sambang Apotek

Polres Karanganyar – Bhabinkamtibmas Dayu Polsek Gondangrejo Polres Karanganyar, Bripka Suyanto melakukan sambang desa dengan mengunjungi apotek di Dusun Ngentak Desa Dayu sebagai upaya kepolisian bersinergi dengan pengusaha apotek dalam mencegah peredaran dan penggunaan obat keras secara ilegal di tengah masyarakat, Sabtu (10/11) pukul 10.00 WIB.

Himbauan dan sosialisasi akan terus dilakukan oleh Polsek Gondangrejo melalui bhabinkamtibmas untuk mencegah peredaran obat keras secara ilegal di tengah masyarakat dengan mengunjungi pengusaha apotek, sekolah dan kelompok pemuda di desa binaan.

Bripka Suyanto menghimbau para pengusaha apotek tidak melayani pembelian obat kategori keras tanpa resep dari dokter. Jenis obat keras yang sering disalahgunakan salah satunya pil Dextro (dextromethorphan/DMP) yang penggunaannya dicampurkan dengan minuman keras untuk mendapatkan efek halusinogen yang cukup kuat dan cepat.

Dextro adalah bahan aktif dalam obat batuk “Over The Counter” (OTC), atau dapat dibeli secara bebas tanpa resep di toko obat. Di dalam obat batuk, DMP biasanya berupa kombinasi dengan jenis obat lainnya seperti, Parasetamol (antinyeri, antidemam), CTM (antihistamin),pseudoefedrin/ fenil propanolamin (dekongestan), dan Guafenesin (eskpektoran).

Roe Bhayangkara PID Gondangrejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: