Sedekah Bumi Desa Plesungan Tampilkan Ogoh-Ogoh

Sebagai wujud rada syukur karena mendapat limpahan rahmat, Rabu (18/4), warga Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar menggelar tradisi sedekah bumi dengan mengarak dan membagikan 1.000 tumpeng. Ribuan tumpeng tersebut diarak dari kantor Desa Plesungan menuju sendang Plesungan yang berjarak sekitar 300 meter. Tak hanya tumpeng, warga juga membuat patung ogoh- ogoh untuk memeriahkan acara. Nampak puluhan personel Polsek Gondangrejo Polres Karanganyar mengamankan kegiatan tersebut.

Kepala Desa Plesungan Waluyo menjelaskan, event tersebut diikuti 64 RT dari 14 RW. Selain wujud rasa syukur, warga berupaya mengangkat potensi lokal.

“Banyak kreasi yang bisa diangkat dari wilayah ini. Seperti kebudayaan dan pariwisata. Sama-sama memajukan Desa Plesungan pada khususnya, Kecamatan Gondangrejo serta Kabupaten Karanganyar,” paparnya.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Raharjo yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasinya karena seluruh warga Desa Plesungan tetap menjaga kerukunan dan kreavitasnya.

“Bagus, terus diadakan tradisi seperti ini. Ini merupakan bentuk perhatian kita kepada nenek moyang atau pun sesepuh kita agar terus bersyukur. Potensi untuk mengangkat wilayah juga bisa dilakukan dengan tradisi ini,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: